Cekrek Upload! Semua Orang Butuh Pengakuan


Semua orang butuh pengakuan. Oleh siapa dan dalam hal apa kita ingin diakui, masing-masing orang berbeda. Sebagian orang sangat ingin diapresiasi dalam hal penampilan. Mereka sangat senang kalau disebut cantik, tampan, modis, gaya rambut selalu update, kulit mulis, pipi merah merona, perut six pack, dada bidang dan lainnya.  

Sebagian orang yang lain ingin diakui sebagai orang yang berhasil dalam kehidupan. Kaya, mobil mewah, rumah besar, gawai seri terakhir, pasangan cantik/tampan, dan kesuksesan lainnya yang mencerminkan bahwa dia adalah pemenang dalam kehidupan ini. 

Jika sebagian besar manusia lebih suka diakui dari segi tampilan, ada juga yang ingin diakui dari sisi karakter. Mereka senang dianggap pintar, lucu, menyenangkan, ramah, penyabar, baik hati, setia kawan, pemberani, pekerja keras dan lain lain-lain. 

Di antara berbagai golongan manusia, ada juga yang tidak mengharap apresiasi orang banyak. Dia hanya ingin dianggap sebagai suami atau istri yang baik oleh pasangannya atau dianggap ayah/ibu yang menyenangkan oleh anaknya. 

Lebih tinggi dari itu, ada orang yang benar-benar tidak megharapkan pengakuan dari manusia, dan dia hanya tertarik mencari pengakuan Tuhan-nya. 

See, semua orang butuh pengakuan. Hal yang membedakan adalah, dalam hal apa dan oleh siapa kita ingin diakui. Arah hidup kita jelas didorong oleh motivasi pencarian pengakuan. 

Setiap hari kita berpikir dan bekerja keras untuk mendapatkan pengakuan. Mulai dari yang sibuk foto-foto, cekrek-upload, untuk mendapatkan like atau komentar di messenger atau medsos, hingga mereka yang membangunkan diri pada sepertiga malam untuk mencari pengakuan Tuhan-nya.

Pengharapan adalah sebuah keinginan. Kata Sidharta Gautama, keinginan adalah sumber penderitaan. Kata Aa Gym, mengharap dari mahluk adalah sumber penderitaan. Kita sendiri pasti sadar, mengharap pengakuan dari orang itu hal yang sangat menyiksa, bahkan terkadang membuat frustrasi. 

Meninggalkan pengharapan atas hal-hal material dan dangkal, menuju pengharapan yang bernilai spiritual jelas adalah sebuah perjuangan panjang dalam hidup ini. Berbahagialah mereka yang telah berhasil. 


_____________________
Foto: www.theweek.co.uk

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar